iklan

Pasukan Khusus Indonesia

iklan
13 Pasukan Elit Indonesia


Militer IndonesiaIndonesia ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata oleh pihak asing, karena Indonesia memiliki Pasukan Elit yang telah teruji baik dari segi Pengalaman dan Strategi perangnya. Bahkan US & UK takut dengan pasukan elit Indonesia ini bukan berita bohong, salah satu media dalam wawancara Pukul 04.00 WIB atau jam 05.00 waktu Texas, USA, ada suatu yang istimewa dalam acara Talk Show di TV ABC 13 Texas. dari hasil wawancara tersebut dapat diketahui bahwa mereka sangat memperhitungkan keberadaan pasukan elit yang dimiliki oleh Indonesia.


Saat ini ada 3 kekutaan besar Marinir dunia dan Indonesia berada pada posisi ke-2 dunia.Dan selanjutnya adalah Kopassus juga merupakan salah satu pasukan elite Indonesia juga yang terbaik di dunia. Berdasarkan peringkat pasukan elite dunia versi Discovery Channel Military pada edisi 2008, peringkat Kopassus berada di posisi tiga pasukan elite dunia.

Sementara di Peringkat pertama ditepati oleh United Kingdom's SAS, dan di petingkat dua Israel's MOSSAD. Hal itu jelas membanggakan TNI dan  Bangsa Indonesia.

Kopassus ternyata dapat mengalahkan pasukan-pasukan elite dari negara-negara lain,  kalau Amerika Serikat terlalu bergantung pada peralatan yang berbasis teknologi super canggih, akurat dan serba digital tapi Kopassus bisa bersaing dengan negara seperti AS dan Israel dengan Alat Militer seadanya.

Berikut 10 Pasukan elit Indonesia yang juga harus diwaspadai oleh negara Asing jika berniat untuk menyerang Indonesia


1. Korps Brimob

Brigade Mobil  (Brimob) adalah unit (korps) tertua dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) karena dibentuk pada tahun 1945. Korps ini juga dikenal dengan Korps Baret Biru.  Brimob merupakan satuan elit dalam jajaran kesatuan Polri,  Brimob juga tergolong dalam unit paramiliter ditinjau dari segi tanggung jawab dan ruang lingkup tugas kepolisian.


Korps Brimob image




2. Gegana

Gegana juga merupakan bagian dari Kepolisian Indonesia (Polri). Pasukan sudah ada sejak tahun 1976, walaupun pada saat itu baru berupa detasemen. Baru pada tahun 1995, adanya pengembangan validasi Brimob bahwa kesatuan ini harus memiliki resimen, Detasemen Gegana pada saati kemudian ditingkatkan menjadi satu resimen tersendiri, yaitu Resimen II Brimob dan sekarang berubah nama menjadi Sat I Gegana pada tahun (2003). Tugas utama dari pasukan Gegana ada tiga hal yaitu: mengatasi teror, SAR dadan jihandak (penjinakan bahan peledak).


Gegana IMAGE




3. Detasemen Khusus 88 atau Densus 88

Detasemen Khusus 88 atau juga disebut dengan Densus 88 merupakan satuan khusus Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk mengangani teroris di Indonesia. Pasukan khusus berompi merah ini khusus dilatih  untuk mengatasi segala ancaman teror, termasuk teror bom. Beberapa anggota dari Detasemen Khusus 88 juga merupakan anggota tim Gegana.  Detasemen 88 dirancang sebagai unit antiteroris yang memiliki kemampuan menangani gangguan teroris mulai dari ancaman serangan bom hingga penyanderaan. Detasemen Khusus 88 di pusat (Mabes Polri) memiliki kekuatan diperkirakan 400 personel terdiri dari ahli investigasi, ahli bahan peledak (penjinak bom), dan unit pemukul  terdapat ahli penembak jitu.



densus 88 image


4. Batalyon Raider

Batalyon Raider merupakan salah satu batalyon pasukan elit infanteri Tentara Nasional Indonesia (TNI). Peresmian Sepuluh batalyon raider pada 22 Desember 2003 itu, dibentuk 8 yonif pemukul Kodam dan 2 yonif Kostrad. kemampuan satu batalyon raider (yonif/raider) setara tiga kali lipat kekuatan satu batalyon infanteri (yonif) biasa di TNI Angkatan Darat.

Setiap batalyon raider diperkirakan 747 personel. Mereka mendapatkan pendidikan juga latihan khusus selama enam bulan untuk perang modern, anti-gerilya, dan perang berlarut. Tiap-tiap batalyon ini dilatih khusus untuk memiliki kemampuan tempur tiga kali lipatdiatas batalyon infanteri biasa.

Mereka dilatih untuk melakukan penyergapan darat dan udara, seperti terjun dari helikopter.  khusus 50 orang personel di antara 747 orang personel dalam satu batalyon Raiders mempuyai kemampuan anti teror juga keahlian-keahlian khusus lainnya. Keahlian tersebut mereka peroleh melalui pendidikan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Grup 3 KOPASSUS) di Batujajar, Jawa Barat.



pasukan elit indonesia image


5. Peleton Intai Tempur (Tontaipur)

Peleton Intai Tempur adalah pasukan khusus yang langsung dipimpin dibawah kendali Panglima Kostrad yang berkemampuan tri matra. Anggotanya merupakan pasukan yang direkrut dari satuan-satuan Kostrad.

Latihan dalam pembentukan tontaipur Kostrad harus melalui beberapa tahap yaitu:
  1. Tahap I berupa latihan tempur di Gunung Sangga Buana Komplek.
  2. Tahap II ialah latihan intelijen/Sandha di Pusdik Passus, Batujajar
  3. Tahap III terdiri dari latihan teknik tempur bawah air
  4. Tahap IV merupakan latihan aplikasi latihan berganda
Sampai saat ini pelatihan Tontaipur telah memiliki 4 gelombang lulusan dari pelatihan yang diikuti oleh perwira, bintara dan tamtama sebanyak kurang lebih 300 personel.

Peleton Intai Tempur (Tontaipur) yang telah diresmikan pada tanggal 4 Agustus 2001. Setelah latihan secara intensif selama 5 bulan, 97 pasukan menjadi prajurit-prajurit pertama satuan elite ini.



pasukan elit indonesia image



6. Kostrad Tontaipur

Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat lebih dikenal dengan ( Kostrad ) salah satu bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Kostrad memiliki kekuatan pasukan berkisar antara 25.000 sampai 26.000 personel, pasukan ini selalu siap untuk beroperasi atas perintah Panglima TNI kapan saja. Saat ini Kostrad terdiri dari dua Divisi:
  1. Divisi Infanteri 1/Kostrad berada di Cilodong, Depok
  2. Divisi Infanteri 2/Kostrad berada di Singosari, Malang


pasukan elit indonesia image


7. Paskhas TNI-AU (Korps Pasukan Khas)


Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (disingkat Korpaskhasau-Paskhas atau lebih dikenal dengan Baret Jingga), merupakan pasukan elit (khusus) yang dimiliki TNI-AU. Paskhas merupakan satuan tempur darat memiliki berkemampuan 3 matra: laut, darat, udara. Tugas dan tanggungjawab Paskhas lebih difokuskan pada merebut dan mempertahankan pangkalan udara dari serangan musuh, dan selanjutnya menyiapkan bagi pendaratan pesawat kawan. Paskhas mempunyai Ciri Khas tugas tambahan yang tidak dimiliki oleh pasukan lain di kesatuan TNI yaitu Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara Depan (OP3UD)


pasukan elit indonesia image



8. Kopaska TNI-AL


Komando Pasukan Katak yang dikenal sebagai Kopaska diresmikan  31 Maret 1962 oleh Presiden Soekarno untuk mendukung kampanye militer di Irian Jaya. Tugas utama dari pasukan ini adalah menyerbu kapal dan pangkalan musuh, juga menghancurkan instalasi bawah air, bahkan penyiapan perebutan pantai lebih lanjut adalah operasi pendaratan kekuatan amfibi.


pasukan elit indonesia



9.Detasemen Jala Mangkara (Denjaka)

Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) merupakan unit detasemen pasukan khusus TNI Angkatan Laut. Denjaka adalah unit gabungan yang bersal dari personel Kopaska dan Taifib Korps Marinir TNI-AL.Anggota Denjaka mengikuti pelatihan di Bumi Marinir Cilandak dan harus menyelesaikan suatu pelatihan yang disebut PTAL (Penanggulangan Teror Aspek Laut). Lama pelatihan yang harus diikuti adalah 6 bulan. Intinya Denjaka memang dikhususkan untuk satuan anti teror dan dapat dioperasikan di mana saja terutama anti teror aspek laut.


pasukan elit indonesia image



10. Kopassus TNI-AD

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) adalah Unit khusus Bala Pertahanan yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Kemampuan dari pasukan ini adalah bergerak cepat dan gesit di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. Prajurit Kopassus sangat mudah untuk dikenali dengan baret merah yang disandangnya, juga sangat dikenal dengan pasukan baret merah. Kopassus memiliki moto Berani, Benar, Berhasil.


pasuka elit indonesia



11. Sat Gultor 81 Kopassus


Pasukan Sat Gultor 81 Kopassus merupakan salah satu unit di Kopassus yang memiliki posisi setingkat dengan Grup, bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur. Kekuatan dari unit ini sangat dirahasiakan bahkan tidak dipublikasikan secara umum mengenai jumlah personil maupun jenis persenjataannya yang dimilikinya, semua itu dirahasiakan.


pasukan elit Indonesia image


12.Detasemen Bravo 90


Satuan Bravo 90 ( Satbravo-90) merupakan pasukan khusus TNI yang terbilang yang paling muda pembentukannya. dibentuk  Korps Pasukan Khas TNI-AU pada 1990, Bravo bermakna yang terbaik. Konsep pembentukannya merujuk didasarkan kepada pemikiran Jenderal Guilio Douchet: Lebih mudah dan lebih efektif menghancurkan kekuatan udara musuh dengan cara menghancurkan pangkalan/instalasi serta alutsista-nya di darat daripada harus bertarung di udara.

Motto: Catya Wihikan Awacyama Kapala artinya Setia, Terampil, Berhasil

pasukan elit Indonesia image



13.Customs Tactical Unit (Pasukan Khusus Bea dan Cukai )

 


Mereka, para CTU ini memiliki kemampuan akademis bagus dan fisikya yang  di atas rata-rata. Tidak sembarang orang dari bea cukai bisa masuk dalam unit ini. Masih dilakukan beberapa tahapan-tahapan dan tes penjaringan sebelumnya. Serangkaian tahapan-tahapan tes tersebut, meliputi  : tes wawancara, pre-tset, post-test, tes kebugaran, kesehatan, bebas narkoba hingga tes akademik yang meliputi penguasaan peraturan terkait barang lartas (larangan dan pembatasan) . Jadi memang betul-betul harus dari pejabat/ pegawai  yang berkualitas yang dicari untuk masuk dalam satuan unit ini.

14. SATPOL PP Pasukan Khusus Bongkar Pasang


Pasukan khusus yang paling unik dan kadang yang paling dibenci oleh masyarakat adalah SATPOL PP atau disebut dengan Satuan Polisi Pamong Praja, disingkat Satpol PP, adalah perangkat Pemerintah untuk mengurusi hal-hal bertentangan dengan pemerintah...bangunan tanpa izin pns yang sering cabut dll.

hadeh berat juga nih.



Panglima TNI Akan Bentuk Pasukan Elite Baru Melebihi Kopassus



Tentara Nasional Indonesia (TNI) saat ini telah memiliki pasukan elite khusus yang sangat terkenal yaitu Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Kopassus lahir dari TNI AD ini juga menempati urutan ke-3 dunia sebagai pasukan elite khusus terbaik.

Walaupun demikian Panglima TNI Jendral Moeldoko telah memiliki rencana untuk membentuk pasukan elite khusus lain yang menandingi kelebihan Kopassus. Namun, Moeldoko enggan membicarakan lebih jauh terkait rencana tersebut.

Kamis ketika jumpa pers pada 3/9/2013 bertepat di Skuadron 2 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur Panglima TNI Moeldoko  berkata "Saya punya rencan dan gagasan untuk special force TNI. Sekarang sudah ada di darat, laut, dan udara. Tapi ini masih gagasan yang sedang kita brainstorming-kan,"

Harapan Panglima TNI Moeldoko, nantinya pasukan khusus yang akan dibentuk itu diharapkan dapat menempati peringkat pertama dunia sebagai pasukan khusus terbaik. "Kopassus saat ini posisi ke-3 dunia. Pasukan elite nanti bisa jadi posisi nomer 1 di dunia," tekad Moeldoko.

sumber Liputan 6
iklan
iklan
Iklan